Monday 10 June 2013

Penguapan (evaporation)


Penguapan (evaporasi) adalah suatu proses yang bertujuan memekatkan konsentrasi suatu larutan yang terdiri dari pelarut (solvent) yang dapat menguap dan zat terlarut (solute) yang tidak menguap (non volatile).
Evaporasi dilakukan dengan cara menguapkan sebagian pelarut sehingga terjadi larutan pekat (thick liquar). Umumnya pelarut yang diuapkan dalam evaporasi adalah air, evaporasi berbeda dari pengeringan (drying) karena dalam evaporasi yang tertinggal adalah liquida pekat berbeda dengan distilasi, pelarut yang diuapkan dalam evaporasi hanya sejenis saja, kadang-kadang juga terdiri dari campuran pelarut, tetapi tidak akan dipisahkan, berbeda juga dengan kristalisasi, proses evaporasi hanya dijalankan sampai diperoleh larutan pekat atau sampai jenuh, kadang-kadang juga sampai berbetuk kristal.
Contoh proses evaporasi antara lain untuk memekatkan larutan nira dalam pengolahan gula. Larutan garam dalm pengolahan NaCl, larutan NaOH dalm pengolahan soda api, gliserin dalam pengolahan larutan gliserin-air.
Produk evaporator ada 2 macam :
  • Kristal
  • Larutan pekat, yang kemudian bisa dilanjutkan kristalisasi, bila liquidanya sangat pekat, dipakai pompa positive action. 

Total Pageviews