Wednesday 12 June 2013

Sifat-Sifat Evaporasi

Sifat-sifat tersebut sangat mempengarui proses evaporasi, terutama  dalam pemilihan dan suhu evaporasi. Sifat-sifat tersebut antara lain :
      A.      Konsentrasi larutan
Hal ini berhubungan dengan viscositas, dimana keadaan enoer. Viscocitasnya rendah, sehingga koefisien perpindahanpanas dingin. Disamping itu juga berpengaruh terhadap kenaikan titik didih.
      B.      Kelarutan solute dalam larutan
Hal ini berhubungan dengan batas konsentrasi maksimum solute yang dapat dihasilkan oleh prases evaporasi. Disamping itu juga berhubungan dengan sistem pembuangan/pengosongan (drainage)
      C.      Kepekaan (sensitifivitas)
Kapekaan (sensitivitas) bahan terhadap suhu dan lama penguapan. Misal susu, juice dan sebagainya peke terhadap suhu tinggi dan lamanya pada suhu yang tinggi., sehingga diperlukan suatu oara tertentu untuk menurunkan suhu operasi dan waktu pemanasan.
      D.      Pembentukan buih dan peroikan
Beberapa zat, seperti larutan NaOH, skim milk, dan beberapa asam lemak dapat menimbulkan busa selama penguapan disertaiperoikan, sehingga perlu diusahakan pencegahnya.
      E.       Pembentukan kerak
Banyak larutan yang sudah membentuk kerak dapat mengurangi koefisien perpindahan panas, sehingga diusulkan teknik dan konstruksi evaporasi yang tepat.
      F.       Reaksi larutan terhadap bahan konstruksi evaporator
Biasanya dipilih besi tuang atu baja, agar harganya murah, tetapi untuk menghindari reaksi larutan, dapat dipilih metal khusus, seperti Cu, Ni, Al, baja tahan karat, Pb, dan, sebagainya.
      G.     Tekanan dan suhu liquida
Titik didih dalam larutan evaporator tergantung pada tekenan riang uap. Tekanan operasi yang tinngi akan menyebabkan tingginya titik didih larutan, sehingga evaporasi sering dilakukan dalam keadaan hampa. Terutama untuk pelarut yang mempunyai titik didih tinggi atau untuk solute yang sensitif terhadap suhu tinggi.

Total Pageviews